Mempelajari Arti Drain pada Mesin Cuci dan Cara Melakukannya Secara Manual

  • 2 min read
  • Dec 07, 2022

Proses pencucian dengan mesin cuci tak hanya berhenti pada mencuci dengan sabun atau deterjen saja. Ada juga proses pembilasan dan pengeringan sehingga cucian hanya tinggal dijemur saja. Maka dari itu penting memahami beberapa istilah mode seperti arti drain pada mesin cuci.

Dengan mode pengeringan dan membuang air yang digunakan saat proses pencucian, proses mencuci pakaian akan menjadi lebih praktis. Bagaimana sistem pengeringan dan pembuangan air ini bekerja akan dijelaskan dalam ulasan berikut ini.

Memahami Arti Drain pada Mesin Cuci

Secara arti katanya drain adalah mengeringkan, sehingga dalam istilah mesin cuci juga tak jauh berbeda. Mode drain pada mesin cuci berfungsi untuk membuang air dari tabung pada saat proses spin atau perputaran terjadi.

Proses ini melibatkan mesin pompa yang mendorong air dari bagian bawah mesin melalui selang pembuangan mesin cuci. Tak hanya pada tahap akhir saja proses ini terjadi, setiap kali terjadi pergantian air juga akan melewati proses drain secara otomatis.

Mode drain bisa juga digunakan jika Anda salah menentukan mode atau program pencucian sehingga mesin cuci mengalirkan air ke dalam tabung. Dengan menggunakan mode drain maka air akan dikeluarkan segera sebelum mesin cuci memulai siklus baru.

Mekanisme Drain pada Mesin Cuci

Pada mesin cuci terdapat sebuah motor drain yang bekerja sebagai pompa air. Pada saat hendak melakukan pembuangan air, katup pembuangan akan ditarik sehingga air yang ada di dalam tabung dapat dikeluarkan melalui selang pembuangan. Ketahui juga arti fuzzy pada mesin cuci.

Ketika air dalam tabung sudah terbuang habis, maka motor drain ini akan mendorong katup pembuangan agar tertutup kembali. Jika proses masih akan berlanjut, maka akan dikirim sinyal ke bagian yang berfungsi untuk mengisi air kembali dan meneruskan ke proses selanjutnya.

Cara Melakukan Drain Secara Manual

Ada beberapa kasus dimana mesin cuci tidak melakukan pembuangan dengan maksimal sehingga walaupun proses drain selesai dilakukan, masih terdapat air di dalam tabung mesin cuci. Setelah memahami apa arti drain pada mesin cuci, Anda bisa melakukannya secara manual.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengambil sisa air dengan ember, gayung, cangkir atau yang sejenisnya untuk menyiduk air lalu membuangnya. Cara ini terbilang sederhana namun bisa merepotkan bahkan melelahkan karena harus sering membungkuk saat menyiduk air.

Jika ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan selang. Prinsipnya adalah mengalirkan air dari tabung keluar menggunakan selang dengan memanfaatkan gravitasi sehingga air akan keluar dengan sendirinya.

Untuk bisa melakukan pembuangan dengan cara ini, langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Pertama pastikan mesin cuci dalam keadaan mati, atau jika perlu cabut kabel mesin cuci dari sumber listrik.
  • Cari selang pembuangan yang umumnya ada di bagian belakang mesin cuci. Pastikan juga selang pembuangan tidak tertekuk atau terhimpit sesuatu yang dapat menghalangi air.
  • Jika selang tidak tampak tertekuk, langkah selanjutnya adalah melepaskan selang dari saluran pembuangan mesin cuci (jaga posisi selang lebih tinggi dari bak air sebelum siap mengosongkan air).
  • Siapkan ember atau wadah untuk menampung air buangan nantinya ketika selang sudah diturunkan.
  • Jika air tidak keluar melalui selang secara otomatis, ada kemungkinan filter dari mesin cuci terhalang kotoran atau benda lain, maka yang harus dilakukan adalah membersihkan filter.
  • Jika air sudah selesai dikeluarkan, bersihkan saluran pembuangan untuk memastikan tidak ada lagi sampah atau benda yang menyumbat saluran tersebut.
  • Namun jika tidak ada yang tersumbat di saluran pembuangan maupun penyaring, lebih baik panggil tenaga ahli untuk memeriksanya apalagi jika mesin cuci masih dalam masa garansi.

Dengan memahami arti drain pada mesin cuci, Anda bisa lebih memaksimalkan fungsinya dengan baik. Bahkan Anda juga bisa melakukannya secara manual jika mesin cuci tidak membuang air secara maksimal.