Mengetahui Lebih Jauh Arti Fuzzy pada Mesin Cuci dan Sistem kerjanya

  • 2 min read
  • Dec 07, 2022
Arti Fuzzy pada Mesin Cuci

Arti fuzzy pada mesin cuci berbagai merek seperti Samsung, LG, dan lainnya adalah sebuah program yang dapat menentukan mode pencucian terbaik secara otomatis.

Mesin cuci modern memiliki segudang fitur dan program yang disematkan untuk membantu penggunanya dalam mencuci pakaian. Salah satu program atau mode tersebut adalah mode fuzzy. Apakah arti fuzzy pada mesin cuci serta bagaimana sistem kerjanya?

Program atau mode fuzzy pada mesin cuci dibuat untuk membuat performa dari mesin cuci lebih optimal dan efisien termasuk dalam hal penggunaan air dan juga energi yang dipakai. Simak ulasan berikut untuk lebih mendalami soal mode ini pada mesin cuci.

Apa Arti Fuzzy pada Mesin Cuci?

Jika diterjemahkan berdasarkan asal katanya, fuzzy berarti kabur atau samar, tidak jelas, dan membingungkan. Oleh karena itu program ini memang dibuat untuk digunakan ketika bingung untuk menentukan mode percucian terbaik sehingga perlu berpikir sebelum mengambil keputusan.

Istilah fuzzy pada mesin cuci merujuk pada program yang dapat menentukan mode pencucian terbaik untuk cucian yang sudah dimasukkan secara otomatis. Mode ini dapat menganalisis kondisi cucian lalu memutuskan bagaimana pencucian akan dilakukan agar efektif namun tetap efisien.

Program fuzzy dapat mengendalikan proses pencucian, suhu air yang digunakan, lamanya waktu pencucian, pembilasan, hingga kecepatan putaran drum. Program ini dapat menyarankan banyaknya deterjen yang perlu digunakan, menganalisis jenis bahan cucian, serta mengecek jenis deterjen.

Bahkan beberapa jenis mesin cuci yang canggih juga sudah dilengkapi dengan AI yang dapat menggunakan memori pencucian sebelumnya lalu menggunakannya untuk memaksimalkan performanya di pencucian selanjutnya.

Beberapa variabel yang biasanya menjadi data yang akan diolah oleh program ini untuk mendapatkan pencucian yang optimal adalah sebagai berikut:

  • Berat total cucian yang dimasukkan
  • Jenis bahan dari pakaian/cucian
  • Jumlah dan suhu air
  • Banyaknya deterjen yang digunakan
  • Kotoran yang ada di air atau kebutuhan pembilasan
  • Kekuatan dan durasi pencucian
  • Kecepatan dan lamanya proses spin dilakukan

Sistem Kerja Mode Fuzzy di Mesin Cuci

Sesuai dengan arti fuzzy pada mesin cuci yang menentukan mode pencucian terbaik, tentunya program ini akan melibatkan berbagai sistem canggih dalam melaksanakan fungsinya. Oleh karena itu program ini juga sering disebut sebagai “Fuzzy Logic” karena prosesnya memang menggunakan sistem logika.

Fuzzy Logic menggunakan berbagai sensor yang ada di dalam mesin cuci dalam membuat keputusan. Misalnya saja sensor Load dapat mengukur berat cucian lalu menentukan jumlah air yang dibutuhkan untuk mencuci atau jumlah deterjen yang perlu digunakan.

Ada juga sensor suhu untuk mengukur suhu air yang digunakan saat proses pencucian. Selain itu ada sensor Automatic Dispensers yang berguna untuk menentukan waktu memasukkan deterjen, pemutih dan pelembut di waktu dan urutan yang tepat. Selain itu, heavy pada mesin cuci juga penting banget diketahui.

Pada sistem yang lebih canggih terdapat Neuro Fuzzy Logic yang memiliki sensor untuk mendeteksi bahan dari cucian dan juga mendeteksi seberapa kotor cucian tersebut. Informasi ini berguna untuk menentukan mode pencucian agar cucian bersih namun tidak merusak bahan cucian itu sendiri.

Sederhananya, mekanisme dari program fuzzy ini menggunakan sistem logika. Setiap informasi yang diperoleh dari sensor-sensor yang ada di mesin cuci akan menjadi penentu setiap keputusan yang diambil secara spesifik satu per satu.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua mesin cuci memiliki program fuzzy yang mempuni dan dilengkapi sensor-sensor yang dibutuhkan. Tak jarang bahkan mode pintar ini hanya dijadikan bahan gimmick untuk meningkatkan penjualan saja.

Memahami arti fuzzy pada mesin cuci bisa menambah informasi dan referensi penting dalam menentukan mesin cuci yang akan dibeli. Dengan mesin cuci yang memiliki program fuzzy yang baik, cucian akan lebih bersih serta awet demikian pula mesin cuci itu sendiri.