Pahami Arti Gentle pada Mesin Cuci untuk Mencuci Pakaian yang Rentan

  • 2 min read
  • Dec 20, 2022

Terdapat beberapa mode pencucian di mesin cuci yang bisa dipilih saat hendak mencuci pakaian. Untuk menjaga agar pakaian bisa awet, mode yang dipilih haruslah tepat dan sesuai. Misalnya jika pakaian yang ingin dicuci berbahan lembut atau tipis, Anda harus tahu arti gentle pada mesin cuci.

Mode gentle tersebut dikhususkan untuk pakaian yang membutuhkan perlakuan yang lembut dan hati-hati terutama pada saat pencucian agar tidak mengalami kerusakan. Jika ingin memahami lebih dalam mengenai mode gentle ini, simak ulasan berikut hingga selesai.

Memahami Arti Gentle pada Mesin Cuci

Mode gentle atau pada beberapa mesin cuci disebut dengan mode delicate merupakan sebuah mode yang sangat cocok untuk mencuci pakaian dengan bahan yang tipis, rapuh, atau mudah rusak termasuk beberapa jenis selimut atau sarung bantal. Udah tahu kan arti drain pada mesin cuci, ini penting untuk tahu arti gentle juga.

Mode gentle atau delicate ini akan dimulai dengan pencucian yang cepat, guncangan yang lebih pelan, serta menggunakan suhu yang dingin, kemudian diakhiri dengan proses spin atau perputaran yang lamban pada saat pengeringan.

Biasanya mode ini berjalan selama empat sampai tujuh menit dengan proses yang lebih lembut untuk melindungi pakaian agar tidak rusak. Beberapa bahan atau pakaian yang disarankan untuk menggunakan mode ini diantaranya adalah:

  • Pakaian yang terdapat hiasan payet atau yang sejenisnya
  • Bahan atau kain yang tipis seperti stoking, atau gorden yang berbahan tipis
  • Pakaian dalam, lingerie dan sejenisnya
  • Pakaian berbahan sutra
  • Pakaian berbahan wool
  • Pakaian workout atau gym
  • Kain atau pakaian dari bahan tenun seperti selimut atau sweater bayi
  • Segala jenis kain yang tertulis “gentle wash” pada labelnya.

Meskipun penggunaan utamanya untuk pakaian yang perlu perlakuan khusus dan hati-hati, namun bukan berarti pakaian normal lain tidak boleh menggunakan mode ini. Jika Anda memiliki pakaian kesayangan atau pakaian mahal yang ingin dijaga agar tetap awet, Anda bisa menggunakan mode ini juga.

Namun tentunya harus dipastikan pakaian tidak dalam keadaan yang benar-benar kotor. Karena dalam mode gentle ini digunakan tenaga yang lebih sedikit, suhu air yang rendah, serta perputaran yang lamban, tentu saja mode ini tidak bisa mencuci sebersih mode normal.

Keuntungan Menggunakan Mode Gentle/Delicate

Ada beberapa keuntungan dari menggunakan mode gentle saat mencuci menggunakan mesin cuci. Keuntungan pertama tentunya pakaian atau cucian akan lebih awet dan terjaga karena dicuci dengan lembut dan hati-hati.

Keuntungan berikutnya adalah karena waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh proses pencucian pada mode ini sangat singkat, Anda bisa menghemat waktu Anda dan bisa melanjutkan aktivitas harian lainnya.

Selain itu karena durasi pencucian yang sebentar serta dilakukan dengan perlahan, Anda juga menghemat penggunaan energi. Dengan begitu, biaya listrik secara tidak langsung juga bisa dikurangi.

Perbedaan Mode Gentle dan Mode Normal

Karena arti gentle pada mesin cuci adalah melakukan pencucian dengan singkat dan lembut untuk menjaga pakaian berbahan yang rentan, tentu saja terdapat beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan mode pencucian normal. Beberapa perbedaan mode gentle dan normal diantaranya adalah:

  • Pada mode normal, suhu air yang digunakan berkisar 50-60 derajat celcius sedangkan pada mode gentle digunakan air dengan suhu yang jauh lebih rendah berkisar 18-25 derajat celcius (tergantung merek mesin cuci).
  • Mode normal menggunakan guncangan yang lebih kuat dan kecepatan yang lebih tinggi sehingga bisa membersihkan pakaian lebih baik termasuk pakaian yang sangat kotor. Pada mode gentle guncangan lebih pelan dan kecepatan yang digunakan lebih pelan.

Mengetahui istilah penting dalam mode pecucian seperti arti gentle pada mesin cuci sangat berguna terutama untuk menjaga pakaian tetap awet. Hal ini karena tidak semua jenis kain bisa diperlakukan sama saat proses pencucian.