Pahami Arti Heavy pada Mesin Cuci untuk Cucian Kotor dan Tebal

  • 2 min read
  • Dec 07, 2022
arti heavy pada mesin cuci

Arti heavy pada mesin cuci merujuk pada mode pencucian yang lebih bertenaga dan putaran cepat. Pahami lebih dalam tentang mode heavy pada mesin cuci di ulasan berikut.

Saat akan mencuci pakaian menggunakan mesin cuci, akan ada berbagai mode pencucian yang tersedia. Agar proses pencucian berjalan optimal dan sesuai, sangat penting untuk memahami istilah dalam setiap mode misalnya memahami arti heavy pada mesin cuci maupun istilah mode lainnya.

Setiap mode memiliki proses yang berbeda karena sudah disesuaikan berdasarkan jenis pakaian maupun mode pencucian yang diinginkan pengguna. Dengan memahami fungsi setiap mode, pakaian yang dicuci akan lebih bersih dan mesin cuci juga bekerja sebagaimana mestinya.

Mengenali Arti Heavy pada Mesin Cuci

Salah satu mode yang ada pada mesin cuci adalah mode heavy atau biasa tertulis “Heavy-duty”. Jika diartikan berdasarkan kata, maka heavy berarti berat. Artinya mode heavy akan sangat berkaitan dengan berat dari pakaian atau cucian. Selain heavy, rinse spin juga mesti diketahui saat mencuci.

Istilah heavy pada mesin cuci artinya adalah mode pencucian dengan waktu yang lebih lama serta guncangan yang cukup kuat dan ditujukan untuk cucian yang berat seperti pakaian berbahan jeans, handuk, selimut atau yang sejenisnya.

Pada mode Heavy-duty, proses spin atau perputaran akan dilakukan lebih cepat dan kuat ketimbang mode normal untuk mengurangi kadar kelembapan pada cucian. Hal ini karena bahan yang tebal dan berat akan lebih sulit kering dan kelembapan bisa membuat cucian menjadi apek, maka dari itu harus dikeringkan.

Dengan alasan tersebut pula Anda harus benar-benar memperhatikan bahan dari cucian sebelum memilih mode heavy ini. Pastikan untuk menggunakan mode ini hanya pada cucian atau pakaian dengan bahan yang tahan dan tidak mudah rusak.

Kapan Harus Menggunakan Mode Heavy?

Setelah paham arti heavy pada mesin cuci, sekarang tentu perlu mendalami lebih lanjut mengenai kapan harus menggunakan mode ini. Seperti penjelasan di atas, tentunya mode ini akan direkomendasikan untuk digunakan pada cucian yang berat atau besar serta bahan yang tidak mudah rusak.

Beberapa jenis cucian yang sangat direkomendasikan untuk menggunakan mode heavy-duty adalah sebagai berikut:

  • Baju atau celana berbahan jeans
  • Handuk
  • Jersey olahraga
  • Selimut dan sprei
  • Pakaian atau cucian yang sangat kotor
  • Jaket atau Sweater
  • Taplak meja, dan lain-lain.

Karena dalam proses pencucian mode heavy akan digunakan power dan perputaran yang kuat serta cepat, maka mode ini sangat efektif untuk membersihkan cucian yang sangat kotor meskipun bukan merupakan bahan yang tebal atau berat.

Keuntungan Menggunakan Mode Heavy-duty

Menggunakan mode heavy tentunya sangat baik untuk membersihkan cucian yang kotor maupun cucian yang berat dan tebal. Namun selain itu dengan pembersihan yang ekstra dari mode ini pakaian akan lebih terlindungi dari bahaya kotoran yang menempel dan membuat pakaian lebih tahan lama.

Pada mode ini juga akan digunakan suhu air yang lebih tinggi ditambah power yang maksimal sehingga tak hanya kotoran membandel saja yang disingkirkan, tetapi juga bakteri, virus ataupun jamur juga bisa disingkirkan dari cucian dan membuat Anda lebih terhindar dari penyakit.

Selain itu dengan proses spin yang sangat cepat cucian akan keluar dalam keadaan lembap dan hampir kering sehingga jemuran Anda akan terhindar dai bau apek akibat tidak kering saat dijemur. Mode ini juga cocok untuk digunakan pada musim hujan karena menjemur menjadi tidak membutuhkan banyak panas.

Memahami arti heavy pada mesin cuci ataupun istilah mode lainnya sangatlah membantu dalam melakukan pencucian yang efektif serta efisien. Memilih mode yang tepat di kondisi yang sesuai akan membuat cucian bersih, tahan lama, dan mesin cuci juga lebih awet karena digunakan dengan tepat.