Pahami Arti Rinse Spin pada Mesin Cuci Agar Tidak Salah Memilih Mode

  • 2 min read
  • Dec 07, 2022
Arti Rinse Spin pada Mesin Cuci

Mesin cuci modern saat ini sudah dibekali dengan fitur-fitur canggih dengan istilah yang beragam. Oleh karena itu pemilik mesin cuci harus memahami beberapa istilah penting seperti misalnya arti spin rinse pada mesin cuci serta kapan harus digunakan.

Istilah-istilah tersebut perlu diketahui agar fitur yang tersedia di mesin cuci dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan fungsinya. Selain itu penggunaan yang tepat akan membuat mesin cuci lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.

Mengenal Arti Rinse Spin pada Mesin Cuci

Secara bahasa, rinse artinya adalah bilas dan spin artinya adalah berputar. Dalam istilah mesin cuci, rinse berarti membilas pakaian yang ada di dalam mesin cuci dengan menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen yang ada di pakaian selama proses pencucian.

Sedangkan spin adalah istilah pada mesin cuci untuk melakukan perputaran guna mengeringkan air yang terdapat pada pakaian. Tujuannya adalah agar kadar air pakaian berkurang sehingga saat dijemur akan menjadi lebih cepat kering. Ini juga berkaitan dengan settingan kode PE mesin cuci.

Pada mesin cuci terkadang terdapat program atau mode yang menggabungkan dua istilah ini yaitu “Rinse and Spin” atau “Rinse + Spin”. Jika mode tersebut diaktifkan, mesin cuci akan melakukan dua langkah proses mulai dari membilas dengan air bersih lalu berputar untuk mengurangi kadar air dari pakaian.

Dalam mode ini tidak diperlukan deterjen sehingga untuk Anda yang memiliki alergi terhadap deterjen sangat disarankan memanfaatkan fitur ini saat mencuci pakaian menggunakan mesin cuci. Namun perlu diingat bahwa pakaian tidak akan sepenuhnya kering sehingga perlu dijemur lagi setelahnya.

Kapan Menggunakan Mode Rinse and Spin?

Setelah mengetahui arti rinse spin pada mesin cuci, yang perlu dipahami selanjutnya adalah kapan waktu penggunaan yang tepat untuk mode ini. Pada dasarnya dalam satu siklus penuh pencucian, rinse + spin akan selalu muncul sebagai proses terakhir dari pencucian.

Jadi penggunaan pertama dari mode ini adalah setelah proses pencucian selesai. Namun selain itu ada juga beberapa kasus yang membuat Anda hanya memerlukan proses rinse dan spin saja tanpa melakukan pencucian menggunakan detergen sebelumnya, seperti beberapa contoh kasus berikut.

  • Jika Anda lebih memilih untuk mencuci manual dengan tangan (biasanya untuk pakaian atau noda tertentu yang membandel) dan setelah itu ingin melakukan pembilasan dengan mesin cuci, maka mode rinse and spin bisa langsung digunakan.
  • Jika baju yang digunakan masih bersih namun kemudian basah terkena hujan sehingga ingin mengeringkannya tanpa harus mencuci lagi karena memang belum kotor.
  • Ketika menggunakan penghilang noda untuk bagian tertentu saja lalu ingin membersihkan penghilang noda tersebut tanpa mengenai tangan, mode rinse and spin adalah solusinya.
  • Mode rinse and spin juga bisa digunakan untuk membilas kembali cucian yang ternyata masih terdapat deterjen dan ingin dibersihkan lagi sebelum dijemur.

Perbedaan “Rinse + Spin” dan “Drain + Spin

Terkadang ada kalanya pengguna mesin cuci bingung menentukan proses akhir dari pencucian apakah dengan rinse and spin atau drain and spin. Meskipun terlihat mirip tapi ada perbedaan mendasar pada mode drain + spin yaitu tidak adanya proses rinse.

Artinya dengan mode tersebut pakaian tidak akan dibilas menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen melainkan langsung diputar untuk menghilangkan kadar air. Selain itu pada mode drain mesin cuci akan berputar lebih cepat untuk menghilangkan kadar air pada pakaian sebanyak mungkin.

Dengan mengetahui arti rinse spin pada mesin cuci, Anda tidak perlu bingung lagi menentukan mode saat menggunakan mesin cuci. Cukup sesuaikan kebutuhan pencucian sesuai kondisi lalu pilih mode yang cocok.