Cara Mengatasi Mesin Cuci Samsung Tidak Bisa Start

  • 2 min read
  • Dec 07, 2022
mesin cuci samsung tidak bisa start

Mesin cuci Samsung saat ini menjadi salah satu mesin cuci yang banyak digunakan karena teknologi serta kemudahannya, ditambah dengan nama brand Samsung yang sudah terkenal dan terpercaya. Namun apa jadinya ketika hendak mencuci justru mesin cuci Samsung tidak bisa start?

Masalah ini terkadang dialami beberapa orang dan tentunya sangat mengganggu dan menghambat pekerjaan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi sehingga harus dilakukan penanganan yang tepat agar bisa berfungsi kembali seperti semestinya.

Kenapa Mesin Cuci Samsung Tidak Bisa Start?

Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi dan menjadi penyebab mesin cuci tidak bisa start setelah ditekan. Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab tidak berfungsinya tombol start pada mesin cuci Samsung diantaranya adalah:

  • Mesin cuci tidak mendapatkan suplai listrik yang cukup
  • Mode “Child Lock” sedang aktif tanpa disadari
  • Pintu tidak tertutup dengan rapat
  • Permasalahan pada pengaturan pencucian hingga muncul “Delay Start
  • Ada komponen mesin cuci Samsung yang tidak berfungsi atau rusak

Untuk mengetahui faktor penyebabnya, Anda harus melakukan pengecekan dan melakukan langkah-langkah dalam mengatasi mesin cuci yang tidak bisa di-start.

Cara Mengatasi Mesin Cuci Samsung Tidak Bisa Start dengan Mudah

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diikuti saat menemui masalah pada mesin cuci Samsung yang tidak bisa start.

1.     Pastikan Mesin Cuci Sudah dalam Keadaan Menyala

Sebuah langkah sederhana yang dilakukan pertama kali adalah memastikan mesin cuci sudah menyala. Meskipun langkah ini terbilang remeh, tapi bisa jadi terjadi masalah pada sambungan listrik atau daya listrik di rumah sehingga mesin cuci tidak bisa menyala meskipun sudah dicolok dan diaktifkan.

2.     Cek Apakah Child Lock Aktif atau Tidak

Child Lock merupakan sebuah mode penguncian mesin cuci dari Samsung yang bertujuan untuuk mencegah terjadinya kecelakaan atau hal tidak diinginkan pada anak dengan mesin cuci. Jika mode ini aktif, akan ada tanda berupa gambar anak kecil dan gembok pada monitor mesin cuci.

Untuk menonaktifkan mode ini, Anda hanya perlu menekan dan menahan tombol “Rinse and Spin” selama 3 detik. Setelah itu mode Child Lock akan dinonaktifkan yang ditandai dengan hilangnya ikon dari monitor.

3.     Lakukan Pengecekan pada Tombol Start

Setelah sudah dipastikan mesin cuci menyala dan mode Child Lock sedang tidak aktif, Anda harus mengecek tombol start mesin cuci. Bisa jadi tombol tersebut macet atau menyangkut karena sudah sering ditekan. Arti gentle pada mesin cuci juga wajib dikethui, biar makin faham caranya.

4.     Pastikan Pintu Mesin Cuci Tertutup Rapat

Mesin cuci Samsung dilengkapi fitur dimana mesin tidak akan berjalan jika pintu tidak tertutup dengan rapat. Masalah pada penguncian bisa terjadi secara mekanik maupun elektronik, oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan pada pintu mesin cuci.

Jika tidak terjadi masalah pada penguncian secara mekanik maupun elektronik, Anda bisa membersihkan bagian kunci dari pintu mesin cuci menggunakan alkohol dan kapas. Terkadang kotoran pada bagian kunci pintu membuat penguncian tidak sempurna sehingga mesin mendeteksi pintu belum terkunci.

5.     Lakukan Restart pada Mesin Cuci

Sama seperti peralatan elektronik lainnya, salah satu solusi yang bisa dilakukan pada saat terjadi kesalahan atau eror adalah dengan melakukan restart perangkat. Caranya adalah dengan menonaktifkan mesin cuci dan mencabutnya dari sumber listrik selama 1 menit lalu coba nyalakan kembali.

6.     Hubungi Teknisi atau Tenaga Ahli

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah memanggil teknisi atau tenaga ahli untuk melakukan pengecekan pada mesin cuci.

Saat mengalami masalah mesin cuci Samsung tidak bisa start, Anda bisa melakukan berbagai cara di atas untuk mengatasinya. Pastikan Anda mengutamakan keamanan pada saat melakukan pengecekan mandiri terutama yang berkenaan dengan komponen listrik.