5 Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Bisa Buang Air

  • 2 min read
  • Jan 09, 2023
Mesin Cuci Tidak Bisa Buang Air

Mesin cuci tidak bisa buang air membuat proses pencucian menjadi terhambat. Lakukan 5 cara mengatasinya berikut ini untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Saat proses pencucian pakaian di mesin cuci sudah selesai, maka seharusnya mesin cuci akan mengeluarkan air dan kemudian akan melakukan perputaran untuk mengeringkan cucian. Namun apa jadinya jika mesin cuci tidak bisa buang air?

Jika hal tersebut terjadi, maka mesin cuci akan berhenti dan tidak melanjutkan proses selanjutnya yaitu berputar dan mengeringkan cucian. Permasalahan ini tentunya sangat mengganggu dan bisa berbahaya bagi mesin cuci jika dibiarkan.

5 Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Bisa Buang Air

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah mesin cuci yang tidak bisa membuang air ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Lakukan Master Reset pada Mesin Cuci

Ada kemungkinan mesin cuci tidak bisa membuang air dikarenakan kesalahan sistem. Oleh karena itu, sama dengan peralatan elektronik lainnya mesin cuci juga perlu di-restart agar bisa kembali seperti semula dan menyelesaikan kesalahan sistem yang terjadi.

Cara untuk melakukan reset pada mesin cuci adalah mencabut mesin cuci dari sumber listrik lalu biarkan selama satu menit. Kemudian colokkan kembali kabel mesin cuci dan lakukan buka tutup pintu mesin cuci selama 6 kali dalam 12 detik. Bisa jadi ini pertanda kapasitor, lihat artikel cara mengecek kapasitor, agar mesin cuci kembali normal.

Hal itu akan terbaca sebagai sebuah perintah bagi komputer dalam mesin cuci untuk melakukan reset secara keseluruhan. Namun tidak semua mesin cuci memiliki program yang sama sehingga sesuaikan lagi dengan buku manual dari mesin cuci Anda.

2. Periksa Saluran Pembuangan dan Filter

Mesin cuci tidak bisa buang air bisa jadi disebabkan oleh saluran pembuangan yang tersumbat atau penyaring (filter) pembuangan yang terhambat suatu benda atau kotoran. Oleh karena itu Anda harus mengecek saluran pembuangan pada mesin cuci.

Pengecekan paling sederhana bisa dilakukan dengan memastikan selang tidak tersumbat atau tidak tertekuk yang bisa menghalangi keluarnya air. Kemudian jika selang tidak ada masalah, maka Anda bisa mulai membongkar saluran pembuangan mesin cuci.

Keluarkan semua air yang terperangkap di mesin cuci dari saluran pembuangan, setelah itu buka filter pembuangan mesin cuci lalu bersihkan. Filter saluran pembuangan sangat rentan terhadap adanya barang atau kotoran yang menyangkut, maka dari itu pastikan tidak ada yang menyangkut di filter.

3. Periksa Bagian Drive Belt

Drive belt merupakan bagian melekat pada katrol yang terhubung ke motor yang berada di bawah mesin cuci. Jika bagian belt ini rusak, maka mesin cuci akan kesulitan untuk melakukan pembuangan air atau bahkan tidak bisa membuang air sama sekali.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus menghubungi teknisi mesin cuci karena permasalahan ini sangat teknis dan membutuhkan tenaga ahli untuk mengatasinya.

4. Periksa Bagian Switch Pintu Mesin Cuci

Di bagian bawah pintu mesin cuci, sebuah benda kecil berfungsi untuk memastikan pintu sudah tertutup dan terkunci sehingga mesin cuci bisa beroperasi dengan normal. Namun jika terdeteksi pintu tidak tertutup dengan benar, maka mesin cuci tidak akan bisa beroperasi.

Untuk melakukan pengecekan bagian switch, saat mesin berjalan dan pintu terbuka, tekan switch dengan menggunakan tangan dan dengarkan apakah ada suara “klik” atau tidak. Jika tidak ada, maka kemungkinan bagian switch tersebut rusak dan harus diganti agar mesin cuci bisa tertutup dengan baik.

5. Hubungi Teknisi Sebagai Langkah Akhir

Jika beberapa langkah di atas tidak bisa mengatasi permasalahan mesin cuci yang tidak bisa membuang air, maka langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah memanggil teknisi atau tenaga ahli untuk melakukan pemeriksaan.

Cara-cara yang dijabarkan di atas merupakan langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mesin cuci tidak bisa buang air. Jika mesin cuci masih dalam masa garansi, jangan ragu untuk langsung menghubungi toko penyedia garansi.