4 Penyebab Pengering Mesin Cuci Berputar Tapi Tidak Kering dan Cara Mengatasinya

  • 2 min read
  • Dec 07, 2022
pengering mesin cuci berputar tapi tidak kering

Mesin cuci merupakan alat yang didesain untuk membuat proses mencuci pakaian menjadi lebih praktis dan hemat waktu maupun tenaga. Namun lain halnya jika mesin cuci malah bermasalah dan tidak menjalankan fungsinya dengan baik seperti masalah pengering mesin cuci berputar tapi tidak kering.

Masalah ini biasanya terjadi pada mesin cuci yang sudah lama atau sudah sering digunakan. Tapi tidak menutup kemungkinan pula hal ini terjadi pada mesin cuci yang masih baru. Tak perlu khawatir jika hal ini terjadi, mungkin saja penyebabnya adalah beberapa hal yang akan dijabarkan di bawah ini.

4 Penyebab Pengering Mesin Cuci Berputar Tapi Tidak Kering dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan mesin cuci berputar namun pakaian di dalamnya tidak kering, dan berikut adalah beberapa diantaranya beserta cara mengatasinya.

1.     Mesin Cuci Tidak Mendapat Daya yang Cukup

Untuk melakukan perputaran yang maksimal dalam tugasnya untuk mengeringkan pakaian, mesin cuci harus mendapatkan daya yang cukup. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kurangnya daya yang masuk ke mesin cuci misalnya penggunaan banyak kabel terminal tambahan.

Cara mencuci dengan mesin cuci secara lengkap sudah kami bahas di artikel di link ini. Klik untuk mengetahuinya lebih detail lagi.

Terkadang saat menyambungkan mesin cuci melalui banyak kabel tambahan membuat listrik yang mengalir ke mesin cuci menjadi tidak maksimal. Untuk mengatasinya Anda bisa menyolokkan mesin cuci langsung ke colokan listrik rumah tanpa melalui perantara kabel terminal atau yang sejenisnya.

Masalah berikutnya yang mungkin terjadi dan membuat motor penggerak perputaran tidak maksimal adalah beberapa kendala teknis pada komponen penting seperti: belt, motor pulley, tub bearings ataupun clutch.

Jika kendala sudah masuk ke bagian teknis maka ada baiknya memanggil tenaga ahli untuk menyelesaikannya.

2.     Muatan Cucian Terlalu Banyak

Memasukkan cucian yang melebihi batas maksimal yang direkomendasikan mesin cuci bisa menyebabkan kecepatan perputaran mesin berkurang sehingga cucian masih basah saat mesin cuci selesai berputar. Secara umum, batas maksimal cucian adalah sekitar ¾ bagian dari drum mesin cuci.

Jika terlanjur mencuci terlalu banyak cucian, Anda bisa mengambil sebagian cucian sebelum dibilas dan dikeringkan agar mesin cuci bisa bekerja secara maksimal.

3.     Terlalu Banyak Menggunakan Deterjen

Ternyata penggunaan deterjen yang berlebihan bisa menjadi penyebab pengering mesin cuci berputar tapi tidak kering. Hal ini dikarenakan deterjen dapat membuat banyak gelembung busa dan pakaian menjadi licin serta permukaan dinding mesin cuci menjadi licin.

Pada saat pakaian yang bersabun bertemu dengan permukaan dinding yang licin akibat deterjen, akan terjadi masalah yang disebut “suds lock”. Suds lock adalah momen ketika terjadi slip pada perputaran dan pertemuan antara pakaian dan dinding mesin cuci sehingga perputaran baju tidak optimal.

Akhirnya pakaian tidak ikut berputar secepat perputaran tabung mesin cuci dan berakhir pada pakaian yang masih basah setelah proses perputaran selesai. Maka dari itu penting untuk membatasi penggunaan deterjen pada batas yang wajar.

4.     Masalah pada Pembuangan Air Mesin Cuci

Masalah ini biasanya ditandai dengan air yang tidak keluar ataupun air yang dikeluarkan tidak maksimal sehingga masih banyak air yang tertinggal di dalam mesin cuci. Beberapa kendala yang menjadi penyebab masalah pembuangan ini adalah:

  • Terjadi masalah pada drain filter seperti tersumbat oleh kotoran atau benda lainnya.
  • Pompa pembuangan (Drain Pump) yang melemah sehingga air tidak bisa didorong keluar secara optimal ke saluran pembuangan.

Untuk masalah-masalah seperti ini tentu lebih aman jika menyerahkannya pada tenaga ahli atau teknisi mesin cuci.

Setelah mengetahui beberapa penyebab pengering mesin cuci berputar tapi tidak kering, selanjutnya Anda bisa lebih berhati-hati dan menjauhkan segala hal yang mungkin bisa menyebabkan hal ini. Selain itu saat masalah ini terjadi Anda bisa mencoba beberapa langkah di atas sebagai upaya awal.