Arti dan Fungsi Soak dalam Mesin Cuci

  • 2 min read
  • Dec 07, 2022
Soak dalam Mesin Cuci

Pada saat mencuci pakaian yang terlalu kotor atau terkena noda membandel, pakaian harus direndam terlebih dahulu dengan deterjen atau penghilang noda untuk membersihkan noda tersebut. Jika mencuci dengan mesin, maka proses ini dapat dilakukan dengan mode soak dalam mesin cuci.

Mode ini hadir agar dalam kondisi kotor dan butuh perendaman sekalipun, pakaian tetap bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai mode soak ini, simaklah ulasan berikut hingga akhir.

Apa Arti dan Fungsi Soak dalam Mesin Cuci?

Soak secara umum berarti merendam, dan dalam istilah mencuci pakaian sering digunakan sebagai proses perendaman cucian kotor dengan sabun selama beberapa waktu untuk mengangkat kotoran atau noda membandel pada cucian tersebut.

Pada mesin cuci, mode soak sendiri memiliki fungsi yang serupa dengan pencucian manual. Jika mencuci dengan mode soak, maka saat tombol start ditekan pakaian akan diaduk sebentar secara perlahan dengan air dan deterjen, lalu setelah itu mesin cuci akan mendiamkannya sebagai ganti proses perendaman.

Pahami juga arti drain pada mesin cuci, disitu juga dijelaskan fungsinya lengkap di artikel https://flowdownlikesilver.com/arti-drain-pada-mesin-cuci/

Lamanya waktu perendaman di mesin cuci dapat diatur dengan men-setting timer saat memilih mode soak. Biasanya opsi yang tersedia adalah 15 menit, 30 menit, 1 jam dan 2 jam tergantung dari tipe den merek mesin cuci.

Selama proses soak berlangsung, sesekali mesin cuci akan mengaduk atau memutar cucian untuk memastikan seluruh bagian dari cucian sudah terkena air dan deterjen sehingga dapat bersih merata. Setelah proses perendaman selesai barulah mesin cuci melakukan proses pencucian lanjutan.

Jika pakaian atau cucian Anda terlalu kotor atau terkena noda yang sangat melekat, Anda bisa melakukan proses perendaman secara manual terlebih dahulu atau mengucek pakaian hingga noda membandel menghilang baru lanjutkan proses pencucian di mesin cuci.

Kapan Harus Menggunakan Mode Soak?

Ada beberapa kondisi yang lebih disarankan untuk melakukan mode soak dalam mesin cuci, diantaranya adalah sebagai berikut.

1.     Ketika Pakaian Sangat Kotor

Seperti yang sudah dijelaskan, pakaian yang sangat kotor akan sulit bersih jika langsung dicuci menggunakan mode normal. Perendaman atau mode soak akan membantu membershihkan kotoran pada pakaian sebelum dicuci lebih lanjut dengan mesin cuci.

2.     Saat Mencuci Pakaian Khusus

Jika Anda memiliki pakaian atau barang yang mahal atau berbahan rentan dan ingin menjaganya agar tidak mudah rusak, Anda bisa menggunakan mode soak agar pakaian hanya direndam dan diaduk sedikit lalu bisa dilanjutkan dengan pembilasan dan pengeringan.

Tapi perlu diingat bahwa terkadang ada bahan yang tidak boleh direndam yang biasa ditandai dengan peringatan “do not soak” pada label pakaian.

3.     Ketika Ada Cucian yang Kotor dan Tidak Terlalu Kotor

Tidak menutup kemungkinan ketika Anda hendak mencuci, ada pakaian yang sangat kotor dan ada pula yang tidak terlalu kotor. Jika dicuci berbarengan, bisa-bisa pakaian yang tidak terlalu kotor malah terkena kotoran yang ada di pakaian lainnya.

Anda bisa menyiasati hal ini dengan menerapkan mode soak untuk pakaian yang sangat kotor terlebih dahulu. Setelah itu lanjutkan dengan pencucian normal bersama pakaian atau cucian lain yang tidak terlalu kototr tadi.

4.     Jika Ingin Memastikan Pakaian Bersih

Menjaga kebersihan tak selalu soal noda atau kotoran yang terlihat saja. Bakteri, virus, atau jamur bisa juga menempel di pakaian atau barang lain. Jika ingin memastikan cucian bebas dari hal tersebut, Anda bisa memilih mode soak untuk mendapat cucian yang lebih bersih.

Mode soak dalam mesin cuci memiliki berbagai keuntungan dan manfaat. Anda bisa memanfaatkannya dengan baik untuk mendapatkan hasil pencucian yang lebih bersih terutama untuk pakaian yang sangat kotor dan terkena noda membandel.